Wanayasa Indah

Wanayasa Indah
Desa Wisata Wanayasa - Purwakarta

19 Mei 2011

Makanan / Cemilan Khas Wanayasa

Selain dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, serta keramahan masyarakatnya, Wanayasa juga punya berbagai makanan yang menjadi ciri khas dari kampung ini, diantaranya :


1. KETAN BAKAR

Ketan bakar nikmat disantap dgn sambal oncom yg rasanya pedas manis! Mantap! 
Apalagi dengan sate maranggi yang maknyoosss....! 










2. MANISAN PALA 

Manisan pala buatan Wanayasa sangat berbeda rasanya dibandingkan dengan manisan hasil dari daerah lainnya, apalagi buatan tangan saya sendiri heheee...... Biasanya, buah pala ini diolah menjadi manisan basah dan manisan kering. Selain rasanya manis, rasanya hangat ditenggorokan. Biji buah pala juga dibuat sebagai rempah-rempah untuk masakan. 
















3. GULA AREN


Gula merah ini terbuat dari air nira. Rasanya Manis gurih..paling mantap kalo pagi hari yg dingin minum air teh asli khas wanayasa atau minum kopi hitam asli wanayasa ditemani potongan gula aren ini... yummy! 



Gula cikeris











4. COMRO

Artinya Oncom Di Jero (Dalemnya Oncom). Terbuat dari parutan singkong yg dibentuk seperti bola lonjong yg isinya oncom pedas! Atau Misro alias Amis di Jero (Manis di dalem), yg isinya gula aren! Pas banget buat teman ngopi / ng'teh dipagi hari. Semuanya digoreng, lho...
 
Misro





Comro







5.  Simping


Di Purwakarta, setau saya ada 2 (dua) macam simping yaitu simping kaum dan simping wanayasa. Bedanya, simping kaum teksturnya lebih ringan, sedangkan simping wanayasa/taringgul teksturnya lebih tebal dan lebih crunchy!


6. Sate Maranggi


Enak bgtt klo disantap barengan dg ketan bakar atau nasi timbel....


















7. Ranginang


Ada 2 macam ranginang atau rengginang yaitu yg dibuat dari beras ketan putih dan beras ketan hitam. 











 8. Opak & Kicimpring


Opak ini dibuat dari beras ketan putih. Opak itu paling enak dipanggang, lebih terasa tradisionalnya. Ada juga yg dibuat dari parutan singkong yang dinamakan Kicimpring.




9. Masakan Sunda

Terdiri dari nasi timbel, ikan asin , sambel , lalapan, sayur asem, tahu , tempe, ulukutek leunca, ikan bakar, karedok, gejosss jengkol, dll....
Maknyossss, brooo......!
tumis genjer
10. Manggis


Ini dia buah manis yang terkenal di seantero negeri dg kualitasnya yg bagus: MANGGIS atau dalam basa sunda disebut MANGGU. 






Kalo main ke Wanayasa, untuk teman dan kerabat, jangan lupa dengan membawa oleh - oleh nya juga, ya!
Selamat menikmati! 


Lain kali aku sambung lagi deh tentang nikmatnya berwisata kuliner di Wanayasa! Banyak tempat yang akan aku rekomendasikan buat sahabat blogku ini, biar acara wisata nya tambah mantaappppp! 

See You! :)


2 komentar:

  1. Kurang satu, Cilok!! Sekarang cilok lagi diexport ke Jogjaa... mau?

    BalasHapus
  2. @mas ajiek: ak blom dpt gambar ciloknya eeuyy...tp boleh lah..pasti aku update ttg makanan kesukaan keluarga wanay....termasuk Pizza Item alias Tamblag Cireng...................hehee...
    Tunggu aja apdetan'y yaa.....:)

    BalasHapus