Wanayasa Indah

Wanayasa Indah
Desa Wisata Wanayasa - Purwakarta

16 Sep 2010

SITU WANAYASA


Danau Wanayasa atau Situ Wanayasa adalah danau alam seluas ± 7 hektar yang berada pada ketinggian 600 m dari permukaan laut yang terletak di kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta, ± 23 km sebelah Tenggara kota Purwakarta dengan temperatur udara rata-rata berkisar antara 17 sampai dengan 20 derajat Celsius. 

Situ Wanayasa dengan latar belakang panorama Gunung Burangrang, air danau yang bersih dan alami, udaranya sejuk dan segar, serta memiliki beberapa keunikan salahsatu diantaranya yaitu sebuah pulau kecil yang terletak di tengah – tengah danau yang dinamakan Pasir Mantri. Entah siapa yang pertama kali menamakannya demikian. Pulau tersebut rindang oleh tanaman pinus,dan selain itu disana terdapat makam R.A.Suriawinata, salah seorang pendiri Purwakarta yang juga Bupati Karawang ke – 9 yang meninggal pada tahun 1827.
Untuk mencapai Situ Wanayasa dengan menggunakan kendaraan umum dari arah Purwakarta, dari Sadang cukup naik angkot jurusan Pasar Rebo atau Simpang, lalu melanjutkan perjalanan dengan naik angkot lagi jurusan Wanayasa. Atau dari Terminal Cikampek, bisa langsung naik kendaraan Elf jurusan Cikampek-Wanayasa yang beroperasi mulai pagi hingga sore hari.
Situ Wanayasa terletak persis di sisi jalan raya Wanayasa yang menghubungkan Purwakarta – Wanayasa – Subang – Bandung, sehingga objek wisata ini pun seringkali dipakai untuk sekedar mampir melepas lelah karena melakukan perjalanan jauh.
Pada hari - hari libur sekolah, setiap Sabtu Minggu, atau saat libur lebaran, Situ Wanayasa banyak dikunjungi pendatang, selain untuk berlibur, jalur ini sering dipakai sebagai jalur alternative bagi mereka yang mudik ke Subang, Bandung, atau Jawa Tengah.
Selain jalan raya yang lebar dan beraspal baik yang membuat nyaman diperjalanan,pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan pesona Situ Wanayasa yang berada di Desa Wisata Wanayasa.
Saat ini, Situ Wanayasa tengah berbenah diri untuk menjadi salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Purwakarta. Dengan dibangunnya jembatan semi permanen yang menghubungkan sisi selatan Situ ke Pasir Mantri memudahkan pengunjung untuk bisa menikmati indahnya Situ Wanayasa dari tengah pulau. Selain itu, telah dibangun gazebo yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk beristirahat dan menikmati suasana alam sekitar Situ.
Dan, untuk menemani pengunjung saat beristirahat, di sekitar Situ Wanayasa hadir berbagai kedai tradisional yang menjual makanan khas Wanayasa berupa Sate Maranggi, Ketan Bakar, Ikan Bakar, Bakakak Hayam, serta cemilan lainnya seperti Ranginang, Opak Ketan, Kicimpring, Simping, Semprong, Manisan Pala, Manggis, dan lain-lain.
Pokoknya, anda tentu tak kan menyesal berkunjung ke desa wisata Wanayasa, desa dengan udara dingin, aman, penduduknya pun religius dan ramah.****

4 komentar: